Komputer dan berbagai perlengkapannya, seperti monitor sudah menjadi menjadi bagian rekan kerja manusia dan tidak terpisahkan. Banyak pekerjaan di era modern harus diselesaikan dengan menggunakan komputer. Hal ini terjadi karena tuntutan zaman yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada awalnya mungkin anda khawatir mengenai pengaruh komputer dan sinar radiasi yang dipancarkan monitor dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama mata. Namun para ahli pun tak pernah menyerah untuk menciptakan peralatan yang ramah dengan lingkungan dan kesehatan. Meski begitu, bekerja terlalu lama di depan layar komputer tetap saja dapat mempengaruhi kesehatan, seperti mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher.

Berikut 8 tips mengatasi kelelahan dan ketegangan mata di saat bekerja di depan komputer.

1. Bekerjalah di ruangan yang cukup cahaya

Penerangan ruangan kerja haruslah cukup, tidak terlalu suram, dan tidak terlalu gelap. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala atau di belakang punggung sehingga tidak menatap langsung cahaya lampu. Hindari menatap cahayanya secara langsung

2. Gunakan filter monitor

Untuk mengurangi radiasi yang dipancarkan monitor, gunakan filter glass monitor. atau untuk mengurangi cahaya yang masuk, anda juga dapat menggunakan kacamata terapi.

3. Periksa Monitor Anda

Jika gambar yang ditampilkan dalam monitor tidak konsisten, kadang jelas, kadang suram jika dibandingkan dengan monitor lain maka monitor anda harus diganti. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata anda terganggu. Sesering mungkin membersihan monitor dari debu dan kotoran yang menggangu layar.

4. Letakkan kertas agar mudah dibaca

Jika mengetik dengan komputer, usahakan letak kertas kerja atau buku yang hendak Anda ketik di komputer berada dalam jarak yang seimbang dengan monitor. Tujuannya agar tidak peru membolak balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

5. Aturlah posisi monitor dengan baik

Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata, juga menjaga agar bahu dan leher cukup aman bekerja.

6. Bekerjalan dengan font yang cukup besar

Bila anda mengedit tulisan di depan komputer, gunakan huruf yang besar, idealnya adalah font 12. Jangan memaksa mata untuk membaca huruf yang lebih kecil pada monitor. Bila telah selesai mengedit atau membaca , font bisa dikembalikan ke ukuran semula.

7. Mata juga membutuhkan istirahat

Jika sudah cukup lama mengedit atau mengetik tulisan di depan komputer. maka istirahatlah sejenak. Relaksasikan mata. Pejamkan sejenak. Jangan sekali-kali mengucek mata, namun sering seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata tetap basah dan sejuk. Bila terlalu lama melihat jarak dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

8. Periksa kacamata atau lensa kontak

Jika pekerjaan anda mengharuskan untuk bekerja sepanjang hari di depan komputer, maka gunakanlah kacamata yang baik. Untuk mengoptimalkan penglihatan mata maka resep kacamata hanyalah 83%, sisanya memberikan otot mata untuk mengadakan perbaikan.

Semoga bermanfaat, dan selalu sehat mata anda.

kacamata terapi


Artikel Terkait:

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s