kacamata terapi

Menjaga mata kita sehat memerlukan latihan kontinyuitas. Berikut 7 Program Latihan Mata Natural tanpa biaya tapi selalu menjaga kesehatan mata kita agar tetap fresh dan tajam dalam melihat.

1. Pemanasan

Lakukan latihan ini selama 5 menit atau lebih. Cobalah menguap sambil meregangkan otot-otot tubuh. Gerakan leher ke kiri-kanan, ke depan-belakang dan memutar. Gerakan bahu turun-naik dan memutar. Putar badan melingkar dan banyak latihan ringan yang membuat tubuh kita rileks.

2. Swinging

Lakukan latihan ini selama 5 menit atau lebih. Berdiri dengan rileks menghadap ke depan. Putar kepala dan bahu bersamaan ke kiri dan kanan. Saat berputar ke kiri, berat tubuh bertumpu pada kaki kiri. Sedangkan telapak kaki kanan bertumpu ringan pada ujung jari. Demikian sebaiknya saat berputar ke kanan. Rasakan dengan rileks benda-benda di sekeliling bergerak berlawanan arah dengan gerakan mata. Bisa juga diganti dengan mainan ayunan atau senam irama

3. Bergantian Melihat Kiri Kanan

Lihat objek pertama, kemudian lihat objek kedua, bergantian. Jangan lupa berkedip setiap ganti objek. Jangan menatap suatu titik terlalu lama karena selalu melelahkan mata. Jangan lupa berkedip dan bernafas dengan rileks. Bisa juga diganti dengan melihat gunung satu dengan gunung lain kiri kanan. atau melihat dua orang lain bergantian kiri kanan.

4. Bergantian Melihat Jauh Dekat

Lihat obyek/ huruf dekat, kemudian lihat ke obyek yang lebih jauh, bergantian,. Jangan lupa berkedip setiap ganti obyek. Jangan menatap suatu titik terlalu lama karena selalu meletihkan mata.  Bisa juga melihat mobil yang dekat dengan yang jauh secara bergantian.

5. Focusing

Tunjuk dengan jari atau laser pointer atau lampu senter ke arah yang kita ingin lihat. Perhatikan hanya satu titik yang jelas. Yang tidak menjadi pusat perhatian, terlihat buram / tidak jelas. Jangan menatap suatu titik terlalu lama. Segera berpindah ke titik berikutnya. Bila sudah terbiasa, tidak perlu menunjuk atau memakai alat bantu. Atau bisa diganti dengan memakai kacamata terapi pinhole glasses.

6. Berjemur pada pagi hari

Berjemur mata: pejamkan mata sambil duduk atau posisi baring yang santai sambil menghadap matahari. Gerak-gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan. Sebaiknya berjemur pada pagi atau sore hari dimana matahari tidak terik untuk menghindari kulit terbakar. Awas jangan sampai mata melihat matahari secara langsung. Atau bisa diganti dengan jalan-jalan pagi.

7. Menutup Mata dengan Telapak Tangan

Bila latihan ini dilakukan dengan benar akan sangat merilekskan mata, sehingga akan melihat lebih jelas.Pejamkan mata dan rilekskan tubuh dan pikiran. Tutup kedua bola mata dengan telapak tangan sehingga jari-jari tangan berada tepat di dahi. Siku tangan sebaiknya bersandar pada meja atau alas yang empuk. Bernafaslah dengan dalam dan teratur. Bisa sambil mendengarkan musik yang menyenangkan. Setelah selesai usap dan pijatlah sekitar bola mata. Yang perlu diperhatikan bola mata tidak boleh dipijat atau ditekan.

kacamata terapi

kacamata terapi


Artikel Terkait:

Komentar
  1. […] 7 Program Latihan Mata Natural AINAN VISION on KASKUS […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s